Connect with us

Nasional

Puan Maharani Mengukuhkan Kontingen Indonesia Untuk Asian Games XVIII 2018 di Istana Olahraga (Istora) Gelora Bung Karno

Published

on

Jakarta, dNewsstar.com- Menko PMK Puan Maharani sekaligus menjadi pembina dalam upacara yang meresmikan 1.383 orang anggota kontingen Indonesia termasuk atlet, pelatih, manajer dan ofisial tersebut.

Puan didampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang disertai Ketua Umum KOI sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir.

“Saya mengucapkan selamat atas terpilihnya saudara sekalian mewakili bangsa dan negara di Asian Games ke-18 tahun 2018. Bertandinglah sebaik mungkin dengan sekuat tenaga dan pantang menyerah,” kata Puan Maharani di hadapan para atlet.

Dia pun meminta para atlet untuk tetap menjaga nama baik Indonesia ketika berkompetisi dengan menjunjung tinggi sportivitas serta sikap hormat kepada seluruh lawan dan kawan.

Tak lupa Puan juga menyampaikan bahwa seluruh atlet Indonesia sejatinya tidak pernah bertanding sendirian, karena seluruh rakyat selalu berada bersama atlet untuk memberikan dukungan.

“Seluruh rakyat Indonesia selalu bersama tim, selalu mendoakan dan mendukung¬† Indonesia sepenuh hati,” tutur Puan.

Acara pengukuhan yang dimulai sekitar pukul 17.15 WIB tersebut dihadiri sekitar 350 perwakilan atlet yang dikomando Ketua Kontingen (CdM) Indonesia di Asian Games 2018 Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin.

Dalan acara itu, CdM sekaligus  menandatangani pakta integritas CdM Asian Games XVIII 2018.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan surat pengesahan Kontingen Indonesia untuk Asian Games XVIII 2018 oleh Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal KOI Hellen Sarita Delima.

Adapun surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum KOI Erick Thohir.

Prosesi kemudian berlanjut ke penyerahan Bendera Merah Putih dari Menko PMK Puan Maharani kepada Ketua Umum KOI Erick Thohir yang meneruskannya ke CdM Indonesia Komjen Pol. Syafruddin.

Acara itu sendiri ditutup dengan penciuman Bendera Merah Putih yang menjadi tradisi kontingen Indonesia setiap akan mengikuti turnamen multicabang internasional.

Sebagai tambahan, diadakan pula kegiatan menari bersama para atlet yang diiringi lagu resmi Asian Games XVIII 2018 “Meraih Bintang”.

Adapun kontingen Indonesia di Asian Games 2018 diperkuat oleh 1.383 orang meliputi 938 atlet, 365 ofisial dan 80 anggota tim pendukung.

Jumlah total kontingen itu merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di turnamen multicabang internasional. Itu sekaligus menjadi jumlah kontingen terbesar di Asian Games 2018. (ek)

Continue Reading